1/25/2014 08:49:00 pm
0
assalamualikum warahmatullahi wabarokatu ,,
apa kabar sahabat blogger, kali ini saya akan posting esay karya ku sendiri ..

CIPTAKAN BIBIT UNGGUL MELALUI GENERASI MUDA
Oleh: Ahmad Farhan

             Dikenal sebagai negara maritim, Indonesia merupakan negara luas yang berada di kawasan Asia Tenggara, meliputi beribu pulau dan provinsi dari sabang sampai merauke. Setiap provinsi yang ada memiliki pesona dan ciri khas yang luar biasa, mulai dari wisata alamnya yang eksotik sampai dengan wisata kulinernya yang memanjakan lidah para penikmatnya. Siapa yang tidak mengenal rendang, kuliner pertama yang mendunia ini menawarkan cita rasa pedas berasal dari kepulauan sumatera, tepatnya dikota legenda simaling kundang, padang. Itu baru wisata kulinernya. Bagaimana dengan wisata alamnya? “Mata dunia akan mengatakan bahwa indonesia identik dengan pulau dewata bali”.
             Dimasa liburan ratusan wisatawan mancanegara berbondong-bondong mendatangi pusat peradapan umat hindu untuk menikmati keindahan pantai kutanya. Apa lagi kalau bukan untuk menikmati pantai kuta melainkan untuk sekedar berjemur atau bahkan surving membelah pantai berombak tinggi. Tidak cukup bali, indonesia juga masih memiliki pulau komodo diflores, dan sejumlah tempat pendakian pegunungan dihampir setiap kotanya.

            Tidak cukup sampai disitu sejumlah julukan khas Indonesia yang disematkan oleh negara dibelahan dunia membuat indonesia semakin disegani negara lain. Sebut saja julukan Zamrud khatulistiwa, Negara maritim, Negara Agraris, Negara Seribu pulau, Gugusan Nusantara, Negara seribu candi, Negara nyiur, Lambang Garuda, Negara megadioversitas, neaven earth, paru-paru dunia, the big mouslem population, our large neighbour to north and our nearest asian neighbour, balinesia, macan asia yang tertidur, dan mafia asia. Apa alasan Negara di dunia memberi julukan tersebut? “Sebagian orang didunia tahu Negara Indonesia mempunyai ciri khas yang sangat menakjubkan mulai dari daratan, lautan, makanan, hewan, tempat, sampai hutannya yang sangat hijau yang mengelilingi Indonesia”. Oleh karna itu, kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya bangga dan selalu menjaga nama baik bangsa Indonesia dikanca dunia. Dibalik semua julukan-julukan yang baik itu, Indonesia juga tidak lepas dari julukan-julukan yang dapat merusak nama baik bangsa Indonesia didunia.
Julukan-julukan yang dapat merusak bangsa yaitu diberinya julukan Indonesia sebagai Negara koruptor, dan julukan yang diberikan untuk pemuda Indonesia yaitu laksheid. Apa itu koruptor? “pasti semua orang tau apa itu koruptor, koruptor merupakan penyakit yang sangat merusak bangsa indonesia dari julukan-julukan baik yang telah diberi dunia oleh Indonesia. Koruptor juga salah satu penyakit yang sampai sekarang belum ada obatnya. Tetapi 1,2,3, sampai 10 tahun yang akan datang, kita tidak tau nasib bangsa Indonesia sampai dimana. Apakah julukan ini masih lekat untuk Indonesia atau tidak. Yang pasti untuk senior-senior yang ada di Indonesia haruslah memberi contoh terhadap pemuda-pemuda yang bakal menjadikan bangsa indonesia menjadi Negara maju dan disegani dunia”.  
Teringat perkataan dari salah satu tokoh pemuda yang dapat mempengaruhi pemuda diindonesia yaitu, “kita dapat belajar bahwa dalam memandang suatu kasus korupsi janganlah hanya dari sudut pandang saja. Tertangkapnya ketua MK menjadi pembuktian bahwa ada banyak anak muda yang tanpa kompromi dalam memerangi korupsi. Sambil meyakinkan kita bahwa masih banyak orang baik yang bisa dititipkan untuk mengelola negeri ini”. (Anies Baswedan).  
Kata-kata diatas adalah kata motivasi yang mempengaruhi pemuda diindonesia karna maknanya mengacu pada pemuda diindonesia. Makna dari kata pak anies baswedan yaitu, “didalam suatu korupsi kita tidak boleh melihat atau menontonnya saja karna hal itu bisa mempengaruhi kita. Didalam suatu kasus korupsi pemuda tidak hanya seperti penonton, melainkan juga seperti mengkritik dan melawan kasus korupsi.” Itu salah satu bukti pemuda Indonesia yang dapat memberantas korupsi biarpun sedikit demi sedikit.
Sedangkan laksheid, apa itu laksheid? “laksheid merupakan julukan yang diberikan dunia untuk pemuda Indonesia yang mempunyai sifat malas. Sifat malas yang dimaksud adalah pemuda Indonesia malas membaca, malas belajar, malas menulis, dan masih banyak lagi sifat malas yang ada didalam diri pemuda Indonesia”. Salah satu obat laksheid yang dapat membuat pemuda indonesia menjadi semangat dan tidak malas lagi yaitu bukti atau membuktikan.
Generasi muda dan bukti adalah dua kata yang berpasangan yang dapat mempengaruhi atau merubah sifat yang ada didalam diri pemuda indonesia. Generasi muda, Apa itu generasi muda? “generasi adalah calon atau penerus dari pemuda Indonesia yang dapat menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara maju”. “muda adalah  anak-anak atau pemuda yang ada diIndonesia yang harus memajukan Negara Indonesia dari berkembang menjadi Negara maju”. Kalau bukti itu beda arti, “bukti merupakan hal atau pekerjaan yang harus ditunjukkan oleh pemuda Indonesia untuk menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara maju”. Kedua kata itu mempunyai satu makna yang sama yaitu, “bahwa pemuda yang ada diIndonesia harus mampu menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara maju yang harus di buktikkan dengan prestasi-prestasi kekanca internasional oleh pemuda-pemuda di indonesia”.

“kami putra dan putri indonesia, mengaku bertumpa darah yang satu, tanah air                                     indonesia”
”kami putra dan putri indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia”
 “kami putra dan putri indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa  indonesia"
            Itu merupakan isi yang ada didalam sumpah pemuda. Teks tersebut biasa dibacakan setiap tanggal 28 oktober sebagai hari peringatan sumpah pemuda. Hari sumpah pemuda merupakan hari yang dapat merubah pemuda diIndonesia menjadi lebih baik lagi. Bagi seorang pemuda maupun generasi muda. Hari sumpah pemuda adalah momen bagi pemuda-pemuda untuk lebih meningkatkan jiwa yang berkarakter kebangsaan seperti, cinta tanah air, disiplin, rela berkorban, dan pantang menyerah. Seperti yang telah dicontohkan oleh para pemuda atau pejuang kita waktu dulu. Melihat apa yang terjadi dimasa sekarang, bagaimana dengan peringatan hari sumpah pemuda yang hanya dijadikan sebagai hari perayaan belaka. Saat perayaan hari sumpah pemuda, tak ada perubahan dan ambisi baru dijiwa pemuda yang membumbung tinggi demi mewujudkan pemuda Indonesia yang berkarakter. Yang ada apa? “justru sebaliknya, krisis karakter yang semakin merajarela, dimana tawuran antar pelajar sudah menjadi tradisi, pergaulan bebas dikalangan remaja semakin membara dimana-mana, dan masih banyak lagi masalah kualitas pemuda yang ada di Indonesia”. Perilaku buruk yang sering terjadi dikalangan pemuda Indonesia biasanya dikarenakan sering meniru apa-apa yang ada ditelevisi, internet, dan surat kabar. Sebaiknya perilaku buruk itu tidak usah sering dibahas ditelevisi, internet, dan surat kabar, karna prilaku tersebut dapat mempengaruhi anak-anak. emangsih, anak-anak cepat sekali ingin tau dan meniru apa yang dilihatnya, karna keingin tauhannya anak-anak dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan anak-anak ini juga sebenarnya bakal calon penerus bangsa. Sebaiknya, perilaku pemuda yang baik, seperti anak yang berprestasi dalam pendidikan, dalam kehidupan, dan masih banyak lagi anak yang berprestasi yang dapat di pertunjukan/dipertontonkan ditelevisi, internet, dan surat kabar, itupun sangat mempengaruhi anak-anak yang ada diindonesia untuk dapat memajukan bangsa dan negara indonesia.








Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

0 comments:

Post a Comment