3/02/2014 11:01:00 am
15
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, kali ini saya akan share tentang sosok pemimpin yang diharapkan untuk Indonesia, sosok pemimpin yang diharapkan untuk indonesia bisa dilihat di artikel yang saya buat ini.

BIBIT-BIBIT KECIL CIKAL BAKAL PENERUS BANGSA
Oleh: Ahmad Farhan

Rawatlah sebuah pohon jika kau menginginkan hasil terbaik darinya. Rasanya sepenggal kalimat ini cukup mewakili sebuah ungkapan kalau anda ingin meraih sebuah keberhasilan, maka berjuanglah dengan segenap daya upaya. Untuk menikmati buah yang besar ukurannya dan manis rasanya yang dipetik dari sebatang pohon yang tumbuh subur tentunya tidaklah datang dengan serta merta. Ada sejumlah proses dan tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh orang-orang yang menginginkan nikmatnya memakan buah manis ini. Dimulai dari pemilihan bibit unggul, bakal anak pohon dirawat sedemikian rupa. Setiap hari disiram secara berkala diberi pupuk dan tidak lupa disiangi bagian-bagian kering. Tiap hari disentuh dengan penuh kasih sayang, selalu dijaga sampai sang pohon benar-benar menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.
Hal di atas hanyalah sebuah penganalogian bahwasanya setiap bibit akan berhasil baik kalau ada tangan-tangan penuh tanggung jawab yang mendorongnya untuk maju. Bibit-bibit ini tak lain adalah pemuda-pemudi yang dimiliki bangsa Indonesia yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Indonesia merupakan sebuah bangsa yang terdiri dari beribu-ribu pulau dari sabang sampai merauke, yang terkenal dengan sebutan zamrud khatulistiwa menyimpan berjuta potensi salah satunya berasal dari sumber daya manusianya yang mumpuni. Bibit-bibit muda ini merupakan cikal bakal penerus sejarah bangsa pada masa yang akan datang tentunya besar keinginan kita agar para generasi muda ini mampu menorehkan prestasi luar biasa baik di kancah lokal, nasional maupun mancanegara. 
Untuk mewujudkan cita-cita mulia ini diperlukan peran besar dari para petinggi-petinggi negeri ini. Perhatian yang lebih terutama di wilayah terpencil seperti pegunungan dan pesisir harus mendapatkan porsi lebih seperti pemerataan akses jalan, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan terbaik berbasis teknologi informasi harusnya sudah bisa dinikmati oleh pemuda-pemudi ini. Sudah seharusnya pemerintah terus bersinergi dengan melibatkan lapisan masyarakat Indonesia membuat program-program positif bagi berkembangnya pengetahuan para generasi muda. Salah satu usaha tersebut dengan memberikan pembebasan biaya pendidikan dasar, menengah dan atas bagi anak-anak usia sekolah disertai penyediaan fasilitas penunjang yang berkualitas. Tentunya hal ini menjadi magnet bagi anak-anak Indonesia lebih berminat menempuh pendidikan dari jenjang SD sampai Perguruan Tinggi. Dengan semakin meningkatnya kemauan belajar siswa otomatis hal ini memberikan dampak luar biasa bagi perkembangan bangsa Indonesia, dengan  bermunculannya bibit-bibit baru yang cerdas dan memiliki skill. Begitu juga dengan pemuda dan anak-anak di Indonesia yang diperhatikan dengan serius oleh  pemerintah pasti akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain dan tentunya bisa memajukan negara Indonesia kekanca dunia.
Sedangkan tanaman yang berukuran besar itulah yang diibaratkan seperti senior dan pahlawan di Indonesia. Di Indonesia begitu banyak sekali tanaman yang berukuran besar berwarna hijau yang mengelilingi Indonesia dari sabang sampai merauke. Tanaman di Indonesia seharusnya bisa mengasih contoh bagi tanaman kecil, tetapi bukan mengasih contoh, malahan tanaman besar ditebang demi kepentingan sendiri dan tidak bisa dirawat oleh orang-orang yang ada di Indonesia. Coba kalau pemerintah Indonesia tegas dalam melakukan tindakan untuk menjaga tanaman di Indonesia pasti rakyatnya akan nurut dan bisa menjaga tanaman dengan sebaik mungkin. Tetapi kita tidak boleh menyalakan pemerintah, malahan rakyat Indonesialah yang harus berbenah diri supaya tidak semenah dalam melakukan tindakan yang dapat merugikan Indonesia.
Kalau untuk senior dan pahlawan di Indonesia sama halnya dengan tanaman besar yang ada di Indonesia. Tanaman besar yang tidak dirawat dan tidak dijaga akan mengakibatkan kerugian untuk Indonesia, begitu juga sebaliknya dengan senior dan pahlawan Indonesia yang tidak bisa memberi contoh baik terhadap pemuda dan anak-anak Indonesia, bisa mengakibatkan pemuda dan anak-anak dapat mencontoh hal yang tidak baik dari seniornya yang dapat dipraktekannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat merusak negara dan banyak orang. Maka dari itu senior dan pahlawan Indonesia haruslah selalu memberi contoh baik untuk pemuda dan anak-anak Indonesia yang bakal menjadi penerus bangsa dan negara Indonesia. Oleh karena itu, siramlah bibit kecil untuk memberi manfaat banyak untuk orang lain dan begitu juga sebaliknya asahlah terus kemampuan anak Indonesia, yakinlah pemuda dan anak Indonesia bisa membuat Indonesia menjadi negara maju yang disegani dunia. Bila pemuda dan anak-anak Indonesia bisa mewujudkan hal yang dikatakan di dalam teks di atas pasti bisa menjawab tantangan masa depan yang tidak bisa diperkirakan dalam pikiran.

Nama               : AHMAD FARHAN
Sekolah            : SMAN 3 UNGGULAN KAYUAGUNG
Alamat             : Jln. Letnan Sayuti, Kelurahan Kedaton, Kayuagung, OKI-SumSel 
Nomor HP        : 087897644847
Kategori lomba : Kategori 2 (pelajar tingkat SLTP dan SLTA)

15 comments:

  1. waw aku setuju banget, dengan artikel ini
    ``

    ReplyDelete
  2. ciptaanya sudah bagus tetapi ada sedikit kekurangan penyampaian dalam kalimat, tapi trus semangat berkarya,,,,,, good person.

    ReplyDelete
  3. artikel yang sangat memotivasi ..

    ReplyDelete
  4. sangat memotivasi anak muda diindonesia

    ReplyDelete
  5. bisa memotivasi pemuda di Indonesia .

    ReplyDelete
  6. memang benar yang di artikel ini, bibit kecil indonesialah yang harus membawa indonesia menjadi negara maju ...

    ReplyDelete